Sosialisasi Administrasi Kependudukan kepada Camat dan Kasi Trantib Pelayanan

Sosialisasi Administrasi Kependudukan

(BANJARNEGARA) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara menggelar Sosialisasi Administrasi Kependudukan, Rabu (11/11) di Aula Sasana Bhakti Praja Setda Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan Sosialisasi Administrasi Kependudukan dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Ibu Hj. Nurul Aini S.H.MM.
Nurul Aini mengatakan Kepemilikan dokumen kependudukan adalah hal yang penting bagi semua warga negara, kita sebagai pelayan masyarakat mempunyai kewajiban untuk melayani penduduk agar pemenuhan kepemilikan dokumen kependudukan dapat secara cepat, tepat mudah dan gratis.

“Dindukcapil Kabupaten Banjarnegara telah memberikan pelayanan secara online, yang meliputi dokumen kependudukan berupa Pendaftaran cetak KTP el, KK, Konsolidasi Manual, Akta kelahiran, Akta Kematian dan pelayanan pindah datang antar kabupaten dan provinsi dan pelayanan lainnya (kutipan 2 akta krn rusak atau hilang) melalui aplikasi DURENMAS (Dindukcapil ora Leren Melayani Masyarakat) yang dapat didownload melalui playstore” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara Tien Sumarwati, S. Sos, M.M selaku Narasumber mengatakan bahwa dalam rangka penyesuaian dengan peraturan peraturan di bidang administrasi kependudukan di Tingkat Kabupaten , sedang dalam proses pencabutan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan sebagaimana telah diubah beberapa kali diubah terakhir dengan Perda Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan karena sudah tidak relavan lagi dan nantinya akan diterbitkan Peraturan Bupati tentang Petunjuk Teknis Penyenggaraan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Banjarnegara.

“Dalam era keterbukaan informasi publik, apalagi ditunjang dengan semakin canggihnya Teknologi Informasi dewasa ini, maka kami sebagai instansi pelaksana dalam penerbitan Dokumen Kependudukan terus berinovasi dalam melayani masyarakat, salah satunya adalah pelayanan online.” lanjutnya.
“Kedepan kita juga sedang menyiapkan untuk lebih mendekatkan pelayanan Dokumen Kependudukan di Garda terdepan pelayanan yaitu sampai ketingkat desa/kelurahan yang saat ini sudah kita coba dengan pelayanan Akta Kelahiran, Akta Kematian dan KIA, kami in syaa Allah akan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang lebih membahagiakan bagi masyarakat Banjarnegara.

(*** (Admin/JJ)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.