Pencanangan Dindukcapil Banjarnegara sebagai Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)

Penandatangan Pencanangan Zona Integritas

(Banjarnegara) – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menggelar Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, di Rumah Dinas Bupati Banjarnegara, Kamis 18 Maret 2021.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dalam sambutannya menyampaikan, penetapan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menjadi unit kerja yang di usulkan sebagai Wilayah Bebas Korupsi sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor 470/17 Tahun 2021.

“Saya menegaskan bahwa Pencanangan, Pembangunan Zona Integritas ini merupakan upaya penting kita bersama, karena mencerminkan tekad dan komitmen kita bersama untuk menjadikan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menjadi zona yang berintegritas, sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani” Ungkap Budhi dalam sambutannya.

Bupati yang akrap di sapa Wing Chin itu juga berpesan kepada seluruh jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara untuk menyiapkan rencana aksi yang konkrit sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara, Tien Sumarwati saat di konfirmasi setelah acara pencanangan tersebut mengatakan bahwa, ini adalah sebuah kepercayaan dan kehornatan tersendiri bagi dinas yang dipimpinnya ditunjuk menjadi  zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) yang sekaligus menjadi Amanah yang harus di wujudkan.

“Penunjukan Dindukcapil Banjarnegara menjadi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani merupakan Kehormatan, tantangan dan amanah yang harus kami wujudkan, sangat berat, namun kami yakin sangat mungkin untuk di wujudkan, dengan kekompakan, kerjasama, komitmen dan jiwa melayani dari seluruh team Dindukcapil, insyaa Allah semua akan bisa terwujud” sambungnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini kemudian mengingatkan bahwa Dindukcapil Banjarnegara telah berhasil mendekatkan beberapa pelayanan sampai ke garda terdepan dan terdekat dengan masyarakat yaitu desa, bahkan sudah bisa sampai ke rumah rumah masyarakat melalui Aplikasi Durenmas Online, sesuatu yang sepertinya sulit namun dengan kerja keras seluruh pegawai Dindukcapil Kabupaten Banjarnegara ternyata hal tersebut dapat terwujud.

“Mohon do’a, dukungan dan kritik kritik yang konstruktif untuk Dindukcapil Banjarnegara ya.., agar kami semakin baik dalam melayani..” pungkas Tien dengan logatnya yang khas. (sy-dindukcapil)

Ditulis pada Berita | 2 Komentar

Sosialisasi Administrasi Kependudukan kepada Camat dan Kasi Trantib Pelayanan

Sosialisasi Administrasi Kependudukan

(BANJARNEGARA) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara menggelar Sosialisasi Administrasi Kependudukan, Rabu (11/11) di Aula Sasana Bhakti Praja Setda Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan Sosialisasi Administrasi Kependudukan dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Ibu Hj. Nurul Aini S.H.MM.
Nurul Aini mengatakan Kepemilikan dokumen kependudukan adalah hal yang penting bagi semua warga negara, kita sebagai pelayan masyarakat mempunyai kewajiban untuk melayani penduduk agar pemenuhan kepemilikan dokumen kependudukan dapat secara cepat, tepat mudah dan gratis.

“Dindukcapil Kabupaten Banjarnegara telah memberikan pelayanan secara online, yang meliputi dokumen kependudukan berupa Pendaftaran cetak KTP el, KK, Konsolidasi Manual, Akta kelahiran, Akta Kematian dan pelayanan pindah datang antar kabupaten dan provinsi dan pelayanan lainnya (kutipan 2 akta krn rusak atau hilang) melalui aplikasi DURENMAS (Dindukcapil ora Leren Melayani Masyarakat) yang dapat didownload melalui playstore” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara Tien Sumarwati, S. Sos, M.M selaku Narasumber mengatakan bahwa dalam rangka penyesuaian dengan peraturan peraturan di bidang administrasi kependudukan di Tingkat Kabupaten , sedang dalam proses pencabutan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan sebagaimana telah diubah beberapa kali diubah terakhir dengan Perda Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan karena sudah tidak relavan lagi dan nantinya akan diterbitkan Peraturan Bupati tentang Petunjuk Teknis Penyenggaraan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Banjarnegara.

“Dalam era keterbukaan informasi publik, apalagi ditunjang dengan semakin canggihnya Teknologi Informasi dewasa ini, maka kami sebagai instansi pelaksana dalam penerbitan Dokumen Kependudukan terus berinovasi dalam melayani masyarakat, salah satunya adalah pelayanan online.” lanjutnya.
“Kedepan kita juga sedang menyiapkan untuk lebih mendekatkan pelayanan Dokumen Kependudukan di Garda terdepan pelayanan yaitu sampai ketingkat desa/kelurahan yang saat ini sudah kita coba dengan pelayanan Akta Kelahiran, Akta Kematian dan KIA, kami in syaa Allah akan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang lebih membahagiakan bagi masyarakat Banjarnegara.

(*** (Admin/JJ)

Ditulis pada Berita | Tinggalkan komentar

Dindukcapil Gelar Webinar (Dindukcapil Menyapa Masyarakat)

Paparan Kepala Dinas dalam DMM Perdana

(BANJARNEGARA) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara menggelar webinar bertajuk “Ngobrol Santai tentang Dokumen Kependudukan Yuksss…”, Kamis (01/10) di Ruang Laboratorium Komputer Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjarnegara. Webinar kali ini diselenggarakan secara terbuka untuk masyarakat umum melalui aplikasi zoom meeting. Masyarakat juga dapat mengikuti webinar ini melalui livestreaming Youtube Dindukcapil Banjarnegara. Selain itu webinar kali ini juga disiarkan secara langsung melalui LPPL Suara Banjarnegara FM.

Tien Sumarwati, S.Sos, MM, Kepala Dindukcapil Kabupaten Banjarnegara mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan diri antara Dindukcapil dengan masyarakat. Meskipun dalam suasana pandemi, namun pelayanan dokumen kependudukan di Dindukcapil Kabupaten Banjarnegara harus tetap berjalan sebagaimana mestinya.
“Sesuai arahan dari Dirjen Dukcapil Kemendagri, bahwa walaupun di tengah pandemi ini, namun dukcapil harus tetap berada di tengah masyarakat, dukcapil harus tetap berada bareng-bareng dengan masyarakat” katanya.

Menurutnya saat ini webinar menjadi salah satu media yang efektif untuk menyapa masyarakat, karena siapapun dapat mengikuti kegiatan ini. Melalui webinar, Dindukcapil Banjarnegara dapat menyampaikan informasi terkini tentang pelayanan dokumen kependudukan, masyarakat juga dapat menyampaikan pertanyaan atau aspirasi terkait pelayanan dokumen kependudukan.

“Tentunya melalui Dindukcapil Menyapa Masyarakat ini kami berharap nanti akan ada komunikasi yang baik dengan masyarakat, kita dapat menampung aspirasi dan harapan masyarakat, selanjutnyan akan kita klasifikasikan kebutuhan-kebutuhan dan permasalahan-permasalahan yang ada di masyakarakat terkait pelayanan dokumen kependudukan” katanya.

Webinar kali ini diikuti oleh 108 peserta yang tergabung dalam aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini merupakan webinar kali pertama yang diselenggarakan oleh Dindukcapil Kabupaten Banjarnegara. (*** (Kominfo/Sudin)

Ditulis pada Berita | 2 Komentar

Pisah Sambut Kepala Dindukcapil Banjarnegara

Pisah sambut Kepala Dindukcapil Banjarnegara

BANJARNEGARA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara mengadakan acara Pisah Sambut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara dari Bapak Drs. IMAM KUSHARTO PRAYONO, M.Si kepada Ibu TIEN SUMARWATI, S.Sos, MM, bertempat di Ruang tunggu lantai 1 Dindukcapil Banjarnegara, Jum’at (25/9/2020).

Acara pisah sambut ini di laksanakan secara sederhana karena masih dalam ssuasana covid-19 yang masih mewabah, bahkan sebagian karyawan duduk secara lesehan.

Hadir dalam acara ini Drs. IMAM KUSHARTO PRAYONO, M.Si yang saat ini menjabat menjadi Staf Ahli Bupati, “Saya sangat bersyukur pernah bergabung bersama Dindukcapil Banjarnegara selama 6 tahun kurang 1 bulan, selama waktu itu pula saya bisa merasakan bahwa bekerja sebagai ASN di Dindukcapil adalah pekerjaan yang sangat berat, karena sebagai dinas pelayanan langsung kepada masyarakat kita sering dihadapkan dengan hal hal yang tidak terduga, misalnya yang butuh KTP el banyak ternyata blangko KTP el nya sedang habis dari pusat” kata Imam disambut tawa oleh seluruh yang hadir.

“Alhamdulillah atas kerja keras kita semua, Dindukcapil yang dulu sering di hujat oleh masyarakat terutama di media sosial, karena pelayanannya yang lambat, terkesan berbelit belit, antrian yang panjang, maka dalam satu tahun terakhir ini kita telah bisa keluar dari sebagian masalah besar tersebut, penerbitan beberapa dokumen bahkan bisa satu hari jadi dengan adanya Tanda Tangan Elektronik” tambah Imam yang juga sebagai ketua Perbakin Banjarnegara itu.

Dalam sambutannya Imam Kusharto juga mengucapkan selamat kepada TIEN SUMARWATI, S.Sos, MM sebagai penerus estafet kepemimpinan di Dindukcapil Banjarnegara, dan Imam juga yakin kalau Ibu Tien akan bisa lebih sukses dan Dindukcapil akan lebih di terima dan di cintai oleh masyarakat.

“Dalam kesempatan ini saya juga menyampaikan terimakasih kepada ibu ibu DWP Dindukcapil yang telah membantu dan mensupport istri saya sebagai ketua DWP selama ini, dan saya mewakili istri menyampaikan permohonan maaf yang sedalam dalamnya kalau dalam bergaul dengan ibu ibu DWP selama ini banyak salah dan khilaf, dan mohon maaf juga karena istri saya tidak bisa hadir dalam acara ini karena sedang melakukan tracking covid – 19” sambungnya.

“terakhir saya minta maaf karena selama hamper 6 tahun ini sudah barang tentu banyak salah baik secara kedinasan maupun pribadi, dan sering saya memerintahkan staf untuk segera mencetak dokuman kependudukan lewat wa, karena kondisi tertentu memang memerluakn penanganan secara cepat dan khusus” pungkasnya.

Sementara itu TIEN SUMARWATI, S.Sos, MM selaku Kadis yang baru secara tulus memberikan apresiasi atas kinerja Seniornya tersebut selama di Dindukcapil.

“Saya secara pribadi sangat dekat dan akrab dengan Mas Imam, dan dalam satu tahun ini saya mengamati dan menilai Dindukcapil mengalami kemajuan yang sangat pesat, bahkan saat ini Dindukcapil sudah memiliki layanan online baik yang berbasis web dan Smartphone” sebut Tien.

“Satu tahun yang lalu, saya main ke Dindukcapil masih membantu melayani antrian yang begitu berdesak desakan, Alhamdulillah saat ini sudah hampir tidak ada masyarakat yang hadir ke Dinas karena inovasi inovasi yang dilakukan oleh Mas Imam dan teman teman Dindukcapil, dan tidak pernah saya sangka sebelumnya ternyata saya ditugaskan oleh Bapak Bupati untuk meneruskan tugas Mas Imam di Dindukcapil ini, jujur saja ini adalah tugas yang berat, oleh karenanya saya minta dukungan dan kerjasama dari seluruh entitas yang ada di Dindukcapil ini” kata Tien dalam sambutannya.

Secara khusus Tien Sumarwati meminta kepada seluruh karyawan Dindukcapil untuk bekerjasama  dan kompak dalam bekerja, karena kekompakan adalah kunci dalam menyelesaikan hal hal besar, Tien menyebut dalam sebuah organisasi tidak ada one Hero tetapi yang ada adalah super team, “kita harus kompak, dan merasa nyaman dalam bekerja, kalau sudah nyaman maka inovasi inovasi yang kita hasilkan akan sangat bernilai untuk masyarakat”.

Selain di hadiri oleh seluruh karyawan Dindukcapil Banjarnegara acara pisah sambut ini juga di hadiri oleh anggota DWP Dindukcapil Banjarnegara. (Dindukcapil/JJ)

Ditulis pada Berita | 2 Komentar

Bupati Kembali Minta Pejabat Kerja Lebih Cepat

Banjarnegara – Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono melantik 2 pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II) dan 13 jabatan fungsional di lingkungan Pemkab Banjarnegara. Pelantikan berlangsung di ruang Pringgitan Pendapa Dipayuda hari ini, Senin, (21/9/2020).

Dalam periode ini, ada dua pejebat eselon II yang dilantik yakni : Tien Sumarwati S.Sos MM sebagai kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Drs Imam Kusharto Prayono M.Si sebagai staf ahli Bupati Banjarnegara.

Bupati Budhi Sarwono dalam pengarahannya mengajak pejabat yang baru dilantik untuk menyelaraskan irama kerja dengan dirinya yakni bekerja cepat dalam memberikan pelayanan.

“Kita butuh SDM yang bisa bekerja lebih cepat untuk melayani masyarakat dalam rangka mewujudkan Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera,” kata bupati.
“Selamat kepada Saudara semuanya. Saya memberikan kepercayaan kepada Saudara-Saudara, untuk mengemban jabatan tersebut. Tentunya dengan mempertimbangkan kemampuan dan kapasitas yang Saudara miliki, saya percaya Saudara mampu bekerja cepat dalam memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik bagi masyarakat,” harap bupati.

Khusus untuk Kepala Dindukcapil, Wing Chin meminta untuk lebih meningkatkan kapasitas, kualitas kerja dan pelayan publik. Karena, tuntutan pelayanan publik saat pandemi seperti sekarang, mau tak mau harus beralih dari sistem manual ke digital.
“Dengan adanya layanan kependudukan secara online padaa saat ini, kami perintahkan untuk terus disosialisasikan secara maksimal kepada masyarakat, sehingga akan memudahkan dan mempercepat pelayanan,” kata bupati.

Selanjutnya kepada staf ahli, Budhi berharap lembaga ini bisa mengambil peran strategis sebagai pertimbangan dalam pengambilan kebijakan.
“Di saat kami perlu melakukan kegiatan strategis untuk perubahan Banjarnegara yang lebih baik, maka saran dan rekomendasi dari staf agli akan menjadi pertimbangan saya dalam mengambil kebijakan,” kata Budhi.

Sementara itu Kepala BKD Kabupaten Banjarnegara, Yusuf Agung Prabowo, SH, M. Si, memberikan keterangan, bahwa pada pelantikan kali ini juga dilantik 13 orang pejabat fungsional, dengan rincian 11 tenaga kesehatan yang ditempatkan di 10 orang Puskesmas dan 1 orang di RSUD, 1 auditor muda pada inspektorat dan 1 Pamong belajar muda pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Banjarnegara.

Hadir menyaksikan pelantikan tersebut antara lain : Sekda Banjarnegara Drs Indarto M. Si, Inspektur Ahmad S.Sos, Adapun sebagai saksi Aris Sudaryanto S.Pd MM (kepala BPBD) Dwi Suryanto S. Sos MM (Kepala BPPKAD).
Tien Sumarwati, Kepala Dindukcapil yang baru usai dilantik menyatakan siap bersinergi dengan OPD baru yang akan dipimpinnya.
“Tentunya kami akan berusaha bekerja lebih cepat sesuai harapan pimpinan. Dan kami juga akan segera kami lakukan kordinasi dengan staf. * (mujiprast).

Ditulis pada Berita | Tinggalkan komentar

Petugas Akta Dindukcapil Kabupaten Banjarnegara “Blusukan” ke Desa Desa

Pendampingan Petugas Adminduk Desa oleh Dindukcapil

Pendampingan Petugas Adminduk Desa oleh Dindukcapil

 

BANJARNEGARA – Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa model pelayanan pengajuan penerbitan Dokumen Kependudukan di Dindukcapil Banjarnegara dalam masa Pandemi Covid – 19 yang belum reda, salah satunya adalah melalui media Daring (online), demikian pula halnya dengan pengajuan penerbitan Akta Kelahiran dan Akta Kematian juga melalui online, baik online terbuka melalui Aplikasi Durenmas ataupun online terbatas melalui Mitra Mitra Dindukcapil di tingkat Desa/ Kelurahan.

Khusus pengajuan Akta Kelahiran dan Akta Kematian melalui petugas Desa/ Kelurahan sebetulnya sudah berjalan sejak sebelum ada Pandemi Virus Corona, tepatnya sudah secara resmi dijalankan per Tanggal 10 september 2019, yaitu semenjak di tandatanganinya Perjanjian Kersama Pemanfaatan NIK, Data Kependudukan dan KTP elektronik serta Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatatan Sipil.

Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Jos Pramnugroho,  menyebutkan, “Untuk menjaga dan menjamin agar Mitra Dindukcapil di tingkat Desa/ Kelurahan dalam memproses Pengajuan Akta Kelahiran dan Akta Kematian sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka kami melakukan pendampingan terhadap petugas pelayanan di tingkat Desa/ Kelurahan”.

“Pendampingan ini kami lakukan secara bergantian dari satu desa ke desa yang lain, sejauh ini telah kami lakukan di 40 titik/ Desa di seleruh kecamatan, pendampingan ini kami rasa sangat efektif karena petugas Pencatatan Sipil bisa berinteraksi langsung dengan Mitra kami di desa/ kelurahan, sehingga dalam pendampingan ini selain berisi sosialisasi aturan aturan terbaru juga dilaksanakan diskusi, bahkan praktek dari mulai input sampai proses cetak dokumen Akta Kelahiran maupun Akta Kematian” Demikian disampaikan oleh Kabid Pelayanan Pencatatan sipil yang akab di sapa Pak Yos, Selasa, 08 September 2020 di Ruang Kerjanya. (JJ/ Dindukcapil)

 

Ditulis pada Berita | Tinggalkan komentar

Sekda Banjarnegara Serahkan Aplikasi Sisdes ke Kelurahan

Sekda Banjarnegara Serahkan Aplikasi Sisdes ke Kelurahan

BANJARNEGARA – Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara, Drs. Indarto, M.Si, menyerahkan Aplikasi Sisdes dari Ultranesia Purwokerto kepada dua belas kelurahan di Kabupaten Banjarnegara, Rabu (15/07) di Ruang Aula Sasana Karya Praja Setda. Sisdes merupakan platform pelayanan publik yang berfokus terhadap pelayanan di tingkat pemerintah desa / kelurahan. Aplikasi ini merupakan hibah yang diberikan oleh Ultranesia Purwokerto kepada Pemerintah Kabupaten Banjarnegara senilai Rp 97.000.000,-.

Dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Direktur Ultranesia yang telah berkenan menghibahkan Aplikasi Sisdes untuk mendukung pelayanan administrasi di dua belas Kelurahan tersebut.

“Semoga partisipasi Saudara dapat meningkatkan pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Banjarnegara kepada masyarakat” katanya

Menurut Sekda Indarto, seiring dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya kesadaran masyarakat maka tuntutan masyarakat akan pelayanan yang cepat dan berkualitas menjadi hal yang wajar, untuk itu  pemerintah wajib berupaya memenuhi tuntutan masyarakat tersebut.

“Desa/Kelurahan merupakan garda terdepan dalam hal pelayanan kepada masyarakat, sehingga dengan perkembangan teknologi dan dukungan regulasi yang ada, akan sangat memungkinkan desa/kelurahan khususnya di Kabupaten Banjarnegara untuk berkembang dengan pesat baik secara pembangunan fisik maupun administrasinya” katanya.

Selain itu dia juga menjelaskan bahwa beberapa desa di Kabupaten Banjarnegara telah membangun aplikasi yang terkoneksi dengan Dindukcapil Banjarnegara dalam hal pemanfaatan data penduduk, sehingga pelayanan kepada penduduk menjadi lebih mudah, cepat dan akurat, karena data penduduk tidak lagi di input secara manual tetapi langsung mengambil data terupdate dari Dindukcapil.

“Dengan adanya aplikasi Sisdes tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh Bapak/Ibu Lurah melalui petugas pelayanan yang telah ditunjuk sehingga mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat tepat dan akurat kepada masyarakat” jelasnya.

Fariz Sidik, Direktur Ultranesia Purwokerto mengatakan Sisdes untuk kelurahan berbeda dengan Sisdes desa, kalau Sisdes desa menyediakan menu update berita dan info, publikasi produk desa serta layanan pelayanan surat, sedangkan Sisdes kelurahan hanya fokus pada pelayanan data kependudukan.

“Sisdes merupakan aplikasi yang berfokus pada pelayanan administrasi di tingkat desa dan kelurahan, aplikasi ini dapat digunakan untuk pembuatan permohonan surat pindah, surat nikah dan surat menyurat lainnya” katanya.

Dia menjelaskan dengan aplikasi sisdes surat-surat tersebut dapat terekam, terdigitalisasi dan terarsip dalam sistem database. Selain itu penomoran surat juga terbuat otomatis sehingga mengurangi duplikasi dan redenominasi penomoran surat.

“Dengan aplikasi sisdes pelayanan surat lebih cepat, dengan hanya memasukkan Nomor Induk Kependudukan kita dapat mengajukan pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi tersebut” katanya.
Aplikasi ini juga sudah melalui tahap uji coba dan telah diterapkan di beberapa desa dan kelurahan di Kabupaten Banjarnegara. Dengan dihibahkannya aplikasi ini dia berharap agar seluruh keluruhan dapat lebih mudah mengakses data dari dindukcapil sehingga dapat mendukung pemanfaatan pelayanan data kependudukan. *** (Sudin)

Ditulis pada Berita | Tinggalkan komentar

Ultranesia Hibahkan Aplikasi Sisdes ke Kelurahan di Banjarnegara

Banjarnegara – Ultranesia Purwokerto menyerahkan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Desa (Sisdes) dari Ultranesia Purwokerto kepada dua belas kelurahan di Kabupaten Banjarnegara. Secara simbolis Aplikasi tersebut diserahkan Sekretaris Daerah Banjarnegara kepada perwakilan desa di Ruang Aula Sasana Karya Praja Setda Rabu (15/07)

Sisdes merupakan platform pelayanan publik yang berfokus terhadap pelayanan di tingkat pemerintah  kelurahan. Aplikasi ini merupakan hibah yang diberikan oleh Ultranesia Purwokerto kepada Pemerintah Kabupaten Banjarnegara senilai Rp 97.000.000,-.

Sekda Indarto pada kesempatan tersebut  menyampaikan penghargaan kepada Ultranesia yang telah mendukung pelayanan administrasi di dua belas kelurahan tersebut.

“Semoga Aplikasi sisdes ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Indarto menambahkan, seiring dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya kesadaran masyarakat, maka tuntutan masyarakat akan pelayanan yang cepat menjadi hal yang wajar dan pemerintah wajib berupaya untuk memenuhi tuntutan masyarakat tersebut.

Menurutnya desa atau kelurahan merupakan garda terdepan dalam hal pelayanan kepada masyarakat, sehingga dengan perkembangan teknologi dan dukungan regulasi yang ada.

“Dengan dukungan aplikasi ini sangat memungkinkan kelurahan untuk berkembang dengan pesat baik secara pembangunan fisik maupun terkait administrasinya” lanjutnya.

Sekda Indarto menjelaskan beberapa desa di Banjarnegara, telah membangun aplikasi yang terkoneksi dengan Dindukcapil dalam hal pemanfaatan data penduduk, sehingga pelayanan kepada penduduk menjadi lebih mudah, cepat dan akurat, karena data penduduk tidak lagi di input secara manual tetapi langsung mengambil data terupdate dari Dindukcapil.

“Dengan adanya aplikasi Sisdes tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pihak pemerintahan kelurahan melalui petugas pelayanan yang telah ditunjuk sehingga mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat tepat dan akurat kepada masyarakat” tambahnya.

Sementara Direktur Ultranesia Purwokerto Fariz Sidik, mengatakan Sisdes untuk kelurahan berbeda dengan sisdes desa, kalau sisdes desa menyediakan menu update berita dan info, publikasi produk desa serta layanan pelayanan surat, sedangkan sisdes kelurahan hanya fokus pada pelayanan data kependudukan.

“Sisdes merupakan aplikasi yang berfokus pada pelayanan administrasi di tingkat desa dan kelurahan, aplikasi ini dapat digunakan untuk pembuatan permohonan surat pindah, surat nikah dan surat menyurat lainnya” jelasnya.

Dia menjelaskan, dengan aplikasi sisdes surat-surat tersebut terekam, terdigitalisasi dan terarsip dalam sistem database. Selain itu penomoran surat juga terbuat otomatis sehingga mengurangi duplikasi dan redenominasi penomoran surat.

Aplikasi ini juga sudah melalui tahap uji coba dan telah diterapkan di beberapa desa dan kelurahan di Kabupaten Banjarnegara.

“Dengan aplikasi sisdes pelayanan surat lebih cepat, karena hanya dengan memasukkan nomor induk kependudukan kita dapat mengajukan pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi tersebut” katanya.<ahr>

 

Reportase.tv,Ultranesia Hibahkan Aplikasi Sisdes ke Kelurahan di Banjarnegara

Ditulis pada Berita | Tinggalkan komentar

Dindukcapil Banjarnegara Mengadakan Pelatihan Aplikasi SIAK tingkat Desa/ Kelurahan

Kabid PIAK sedang melatih Pemegang Hak Akses Pelayanan tingkat Desa/ Kelurahan

 

BANJARNEGARA – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Dokumen Kependudukan dan untuk lebih mendekatkan Pelayanan Dokumen Kependudukan kepada masyarakat, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara telah melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan NIK, data kependudukan dan KTP Elektronik serta pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil dengan 272 desa/kelurahan se-Kabupaten Banjarnegara bertempat Bertempat di Pendapa Dipayuda Adigraha, Selasa, (10/9/2019).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara Imam Kusharto Prayono, mengatakan, penandatanganan ini dikandung maksud untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2015 tentang Persyaratan, Ruang Lingkup dan Tata Cara Pemberian Hak Akses Serta Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

“Tujuannya jelas untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan,” kata Imam.

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan NIK, data kependudukan dan KTP Elektronik serta pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil di tindaklanjuti dengan mengadakan pelatihan kepada Petugas pemegang Hak ases Pelayanan dan Hak Akses Pemanfaatan NIK di tingkat Desa/ Kelurahan.

Pelatihan ini di ikuti oleh 556 Perangkat Desa/ Kelurahan se Kabupaten Banjarnegara dengan rincian 278 Petugas pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil serta 278 Sekdes/ Seklur sebagai Petugas Pemegang Hak Akses Pemanfaatan NIk, data kependudukan dan KTP Elektronik.

Kepala Bidang PIAK Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara, Sri Sudaryati dalam sela sela pelatihan mengatakan, Pelatihan tersebut di maksudkan agar Petugas di desa/ kelurahan lebih mengenal Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) sebagai interface antara petugas desa dengan Dindukcapil Banjarnegara.

“Tentu saja pelatihan ini harus dilanjutkan dengan pelatihan pelatihan yang lebih detail mengingat banyak fitur dalam Aplikasi SIAK yang dapat dimanfaatkan oleh petugas desa dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat, sehingga tujuan awal di bukanya pelayanan di tingkat desa/ kelurahan yaitu mendekatkan pelayanan Dokumen Kependudukan benar benar dapat terwujud.” Pungkas Sri Sudaryati. (JJ/Dukcapil)

Ditulis pada Berita | Tinggalkan komentar

Dindukcapil Tekan Perjanjian Kerjasama Pelayanan Kependudukan dengan Desa

 

BANJARNEGARA – Bertempat di Pendapa Dipayuda Adigraha, Selasa, (10/9/2019), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama Pemanfaatan NIK, data kependudukan dan KTP Elektronik serta pelayanan pendaftaran penduduk dan catatan sipil dengan 272 desa/kelurahan se-Kabupaten Banjarnegara.

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara, Drs Imam Kusharto Prayono M. Si dengan desa yang diwakili oleh Kepala Desa Pekasiran Kecamatan Batur dan Pj Kades Kebanaran Kecamatan Mandiraja. Penandatanganan disaksikan oleh Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, Sekda Drs Indarto M. Si dan Ketua DPRD sementara, dr Amalia Desiana.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara Imam Kusharto Prayono, mengatakan, penandatanganan ini dikandung maksud untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2015 tentang Persyaratan, Ruang Lingkup dan Tata Cara Pemberian Hak Akses Serta Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

“Tujuannya jelas untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan,” kata Imam.

Imam menambahkan, kerja sama ini telah dilakukan sebelumnya dengan RSUD Hj Anna Lasmanah. Adapun layanan terpadu yang ditandatangani berupa perjanjian kerja sama antara RSUD dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengenai layanan untuk mendapatkan Akte Kelahiran, Kartu Identitas Anak dan Kartu Keluarga yang bisa didapatkan secara gratis bagi pasien, yang melahirkan di RSUD.

“Alhamdulillah, uji coba tersebut berjalan baik dan Insya Allah akan terus meningkat. Dan kini kita merambah ke tingkat desa,” tambahnya.

Imam menerangkan, melalui keterpaduan jaringan ini, desa bisa melihat data penduduk masing-masing desa secara online dan up to date.

“Petugas data desa bisa menambahkan data anak yang baru lahir sampai dengan 1 tahun. Juga bisa mendaftar secara online akta kelahiran dan akta kematian penduduk,” tambahnya.

Untuk menunjang kelancaran itu, sudah ada 230 petugas yang sudah dilatih, yaitu kasi pelayanan atau kasi pemerintahan desa/kelurahan. Apabila dibutuhkan, desa bisa  menganggarkan komputer/laptop dari Dana Desa untuk admin induk online.

Petugas menerima berkas langsung di input,  sebagai dasar Dindukcapil untuk mencetak dokumen kependudukan yang dibutuhkan.

Sementara itu Bupati Budhi Sarwono dalam pengarahannya menyambut baik upaya Dindukcapil menggandeng desa-desa dan kelurahan dalam meningkatkan pelayanan dengan meningkatkan jejaring serta membuat terobosan yang tepat.

“Tentunya ini akan memangkas alur birokrasi. Kerja sama desa dengan Dindukcapil sangat tepat. Ini akan menambah inovasi pelayanan publik yang kita miliki. Rakyat harus dimudahkan dengan pelayanan yang ramah dan murah, bahkan gratis,” kata bupati.

Lebih lanjut bupati menegaskan, bahwa dokumen kependudukan seperti KTP, NIK, akta kelahiran adalah dokumen yang sangat penting, karena di era sekarang, pemerintah sudah menganut sistem identitas tunggal.

“Saya optimistis dengan penandatanganan ini implementasinya sangat signifikan di tingkat desa sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat. Mari kita mewujudkan pelayanan yang lebih mudah, singkat dan cepat dengan memanfaatkan teknologi informasi,” imbuhnya.

Bupati berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan bagi masyarakat Banjarnegara. Terobosan dan inovasi yang mendukung pelayanan paripurna terus dilakukan untuk masyarakat. Acara ditutup dengan pembagian doorprize dan ucapan selamat dari Bupati, Sekda, Ketua DPRD sementara dan undangan lainnya. Kebijakan ini segera disosialisasikan kepada masyarakat dan mulai aktif, 11 September 2019.  (Muji P/Dinkominfo)

Ditulis pada Berita | Tinggalkan komentar