Dindukcapil Banjarnegara Mengadakan Pelatihan Aplikasi SIAK tingkat Desa/ Kelurahan

Kabid PIAK sedang melatih Pemegang Hak Akses Pelayanan tingkat Desa/ Kelurahan

 

BANJARNEGARA – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Dokumen Kependudukan dan untuk lebih mendekatkan Pelayanan Dokumen Kependudukan kepada masyarakat, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara telah melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan NIK, data kependudukan dan KTP Elektronik serta pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil dengan 272 desa/kelurahan se-Kabupaten Banjarnegara bertempat Bertempat di Pendapa Dipayuda Adigraha, Selasa, (10/9/2019).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara Imam Kusharto Prayono, mengatakan, penandatanganan ini dikandung maksud untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2015 tentang Persyaratan, Ruang Lingkup dan Tata Cara Pemberian Hak Akses Serta Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

“Tujuannya jelas untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan,” kata Imam.

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan NIK, data kependudukan dan KTP Elektronik serta pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil di tindaklanjuti dengan mengadakan pelatihan kepada Petugas pemegang Hak ases Pelayanan dan Hak Akses Pemanfaatan NIK di tingkat Desa/ Kelurahan.

Pelatihan ini di ikuti oleh 556 Perangkat Desa/ Kelurahan se Kabupaten Banjarnegara dengan rincian 278 Petugas pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil serta 278 Sekdes/ Seklur sebagai Petugas Pemegang Hak Akses Pemanfaatan NIk, data kependudukan dan KTP Elektronik.

Kepala Bidang PIAK Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara, Sri Sudaryati dalam sela sela pelatihan mengatakan, Pelatihan tersebut di maksudkan agar Petugas di desa/ kelurahan lebih mengenal Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) sebagai interface antara petugas desa dengan Dindukcapil Banjarnegara.

“Tentu saja pelatihan ini harus dilanjutkan dengan pelatihan pelatihan yang lebih detail mengingat banyak fitur dalam Aplikasi SIAK yang dapat dimanfaatkan oleh petugas desa dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat, sehingga tujuan awal di bukanya pelayanan di tingkat desa/ kelurahan yaitu mendekatkan pelayanan Dokumen Kependudukan benar benar dapat terwujud.” Pungkas Sri Sudaryati. (JJ/Dukcapil)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.